Napan merupakan salah satu Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang juga berfungsi sebagai pos lintas batas, yang terletak di Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timur Tengah Utara yang ditetapkan dengan keputusan Menteri Kehakiman dan HAM RI Nomor : M.06.PW.09.07 tahun 2000 tanggal 18 september 2000 sebagai salah satu TPI diwilayah kerja Kantor Imigrasi Atambua yang terletak di perbatasan RI - RDTL yakni dengan berbatasan Oecusse (Bobometo) yang merupakan daerah enclave RDTL. Jarak Atambua ke Napan via Kefamenanu sejauh 110 km (± 3 jam) dengan kondisi jalan aspal.
Pegawai yang di tugaskan di TPI Napan sebanyak 3 orang pegawai tata usaha yang ditugaskan bergiliran setiap 1 bulan serta dikoordinair 1 orang pejabat Imigrasi yang juga mengkoordinir Pos Imigrasi Wini.

Sejak tanggal 30 Nopember 2012 TPI Napan telah melayani penerbitan Pas Lintas Batas bagi masyarakat R.I di perbatasan dan pelayanan izin masuk dan keluar pemegang PLB RDTL di wilayah Bobometo-Oicusse. Peralatan komunikasi berupa telephone satellite dari Direktorat Jenderal Imigrasi tidak dapat difungsikan karena sering mendapat gangguan signal. Arus lalu lintas orang keluar masuk ke Wilayah Oecusse ( RDTL ) lewat TPI Napan rata - rata 5 - 10 orang/hari. Terkecuali hari Jumat yang merupakan hari pasar di wilayah perbatasan, pelintas bisa mencapai 100 orang.

 

Komentar